Monday, February 10, 2014

Nexus 6 Hadirkan Inovasi Layar Lengkung, Bakal Digarap Lenovo?

Aksi pembelian Lenovo atas Motorola Mobility langsung menuai rumor. Bukan terkait proses akuisisi yang ada namun isu what’s next yang hendak dilakukan Lenovo dengan Motorola bersama Google.

Belum lama ini dunia dikejutkan dengan gerak agresif Lenovo yang meminang Motorola Mobility di harga USD 2,9 miliar. Google sendiri sejatinya belum lama memiliki Motorola yang diakuisisi di harga USD 12,6 miliar.

Ada margin harga yang cukup timpang antara akuisisi Lenovo dan Google. Diketahui kemudian jika hak paten Motorola tidak ikut serta dalam proses akuisisi tersebut. Google masih memegang penuh paten teknologi manufaktur ponsel kebanggaan negeri ‘Abang Sam’ itu.

Nah muncul rumor kemudian jika Lenovo bakal membesut device Nexus selanjutnya. Google sebagai pembesut Nexus selama ini selalu menggandeng vendor smartphone terkemuka sebagai mitra. Saat membesut Nexus 4 dan 5 Google jalin kerjasama dengan LG. Nexus 7 merangkul ASUS dan Nexus 10 setia bersama Samsung.

Google sendiri disebut bakal mengakhiri produk Nexus dan tak akan lagi mengusung nama tersebut. Sebagai gantinya smartphone dengan rasa Google bakal tersemat nama ‘Google Edition’. Nama ini juga jadi tagline di ponsel pintar edisi terbatas di handset Samsung Galaxy S4 dan HTC One.

Phone Reviews menulis jika tersiar informasi yang menyebut Lenovo bakal membesut Nexus generasi terakhir sebelum ‘dibinasakan’. Seorang desainer konsep Jermaine Smit bahkan telah berikan gambaran visual bagaimana smartphone Nexus selanjutnya yang bakal mengusung nama Nexus 6.

Nexus 6 miliki bentangan layar 5 inch 1920 x 1080 piksel dengan bodi lengkung yang serupa dengan lengkungan Samsung Galaxy Round. Spesifikasinya sendiri cukup gahar dengan dapur pacu quad core Qualcomm Snapdragon 805 clock speed 2,5 GHz dengan dukungan memori internal 32GB.

Tersemat kamera utama 13 mega piksel dual Flash serta kamera depan 3 mega piksel. Nexus 6 berbalut casing warna hitam dengan ketebalan body hanya 7,4 mm saja. Meski baru sekadar konsep desain namun bukan tak mungkin jika di masa mendatang Nexus 6 benar-benar bakal terealisasi.

Google dengan varian Nexus-nya cukup berhasil menyita perhatian pengguna gadget di seluruh dunia. Di Indonesia saja, Nexus 5 yang baru masuk tanah air belum lama ini, 1.500 unit langsung ludes dalam tempo tiga hari saja. Padahal harga yang dibanderol cukup mahal, sekitar Rp 5 jutaan.

No comments:

Post a Comment